Contoh Bacaan Idgham Bighunnah : gonel.id

Halo semua, dalam artikel ini kita akan membahas tentang idgham bighunnah dalam membaca Al-Quran. Idgham bighunnah merupakan salah satu hukum tajwid yang sering digunakan saat membaca Al-Quran. Berikut adalah beberapa contoh bacaan idgham bighunnah yang bisa kita pelajari.

1. Idgham Bighunnah pada Huruf Ba

Idgham bighunnah pada huruf ba terjadi ketika huruf ba bertemu dengan huruf mim. Ketika itu terjadi, maka huruf ba akan dibaca dan disamakan dengan huruf mim, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf ba adalah ketika kita membaca ayat:

“Tabâraka[a] Al-Ladhî Biyadihi Al-Mulk”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf ba pada kata “biyadihi” dan huruf mim pada kata “mulk” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf ba? Idgham bighunnah pada huruf ba dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu ba dan mim, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf ba? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ta, tha, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf ba. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf ta.

2. Idgham Bighunnah pada Huruf Ta

Idgham bighunnah pada huruf ta terjadi ketika huruf ta bertemu dengan huruf kha atau huruf tha. Ketika itu terjadi, maka huruf ta akan dibaca dan disamakan dengan huruf kha atau huruf tha, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf ta adalah ketika kita membaca ayat:

“Watîn Wazaitûn”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf ta pada kata “watin” dan huruf za pada kata “zaitun” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf ta? Idgham bighunnah pada huruf ta dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu ta dan kha atau ta dan tha, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf ta? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf ta. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf ja.

3. Idgham Bighunnah pada Huruf Ja

Idgham bighunnah pada huruf ja terjadi ketika huruf ja bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf ja akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf ja adalah ketika kita membaca ayat:

“Falyahdharil Ladzîna Yu(kh)hâlifûna An Amrihi An Tu’sibahum Fitnah Au Yu’sibahum ‘Adzâbun Alîmun”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf ja pada kata “yukhâlifûna” dan huruf ya pada kata “an” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf ja? Idgham bighunnah pada huruf ja dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu ja dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf ja? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ta, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf ja. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf kha.

4. Idgham Bighunnah pada Huruf Kha

Idgham bighunnah pada huruf kha terjadi ketika huruf kha bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf kha akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf kha adalah ketika kita membaca ayat:

“Waqul Jâ Al-Haqq(u) Wa Zahaqal Bâtil(u) Innal Bâtila Kâna Zahuqâ”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf kha pada kata “haq” dan huruf ya pada kata “wa” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf kha? Idgham bighunnah pada huruf kha dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu kha dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf kha? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ta, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf kha. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf tha.

5. Idgham Bighunnah pada Huruf Tha

Idgham bighunnah pada huruf tha terjadi ketika huruf tha bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf tha akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf tha adalah ketika kita membaca ayat:

“Thumma Kâna Minalladhîna Âmanû Watattaqû Wa Kânû Yattaqûn”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf tha pada kata “thumma” dan huruf ya pada kata “kana” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf tha? Idgham bighunnah pada huruf tha dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu tha dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf tha? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ta, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf tha. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf dhal.

6. Idgham Bighunnah pada Huruf Dhal

Idgham bighunnah pada huruf dhal terjadi ketika huruf dhal bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf dhal akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf dhal adalah ketika kita membaca ayat:

“Wamâ Kâna Li Mu’minin Wa Lâ Mu’minatin Idzâ Qadalla Allâhu Wa Rasûluhu Amraa”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf dhal pada kata “qadalla” dan huruf ya pada kata “allâhu” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf dhal? Idgham bighunnah pada huruf dhal dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu dhal dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf dhal? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ta, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf dhal. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf ha.

7. Idgham Bighunnah pada Huruf Ha

Idgham bighunnah pada huruf ha terjadi ketika huruf ha bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf ha akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf ha adalah ketika kita membaca ayat:

“Innahû Min Sulaymâna Wa Innahu Bismillâhirrahmânirrahîm”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf ha pada kata “innahu” dan huruf ya pada kata “bismi” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf ha? Idgham bighunnah pada huruf ha dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu ha dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham bighunnah hanya terjadi pada huruf ha? Tidak, idgham bighunnah juga bisa terjadi pada huruf lain seperti ba, ta, ja, dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang idgham bighunnah pada huruf ha. Selanjutnya, kita akan membahas idgham bighunnah pada huruf lam.

8. Idgham Bighunnah pada Huruf Lam

Idgham bighunnah pada huruf lam terjadi ketika huruf lam bertemu dengan huruf ya. Ketika itu terjadi, maka huruf lam akan dibaca dan disamakan dengan huruf ya, sehingga kedua huruf tersebut dibaca dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

Contoh bacaan idgham bighunnah pada huruf lam adalah ketika kita membaca ayat:

“Tilka Ayatullâhi Natlûhâ ‘Alayk(a) Bilh(a)qq(i) Fama Yujâdilu Fîh(i) Illâl Ladhîna Kafarû”

Sehingga ketika kita membaca ayat tersebut, kita harus membaca huruf lam pada kata “natlûhâ” dan huruf ya pada kata “alayka” dengan satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara melafalkan idgham bighunnah pada huruf lam? Idgham bighunnah pada huruf lam dilafalkan dengan cara menggabungkan dua huruf, yaitu lam dan ya, menjadi satu suara yang terdengar panjang dan bergetar.
Apakah idgham b

Sumber :